SUPERNOVA

| |

Supernova adalah sebuah bintang yang meledak. Bintang tersebut tiba-tiba bertambah kecemerlangannya karena berbagai factor, dan dalam beberapa minggu secara perlahan memudar. Dalam galaksi Kabut Susu (Milky Way), supernova dapat diamati dengan mata telanjang. Empat ledakan yang diamati tercatat tahun 1054, tahun 1572, tahun 1604, tahun 1987 (dengan teleskop yang sangat canggih di Observatorium Las Campanas, Cile).
Sebuah supernova dapat meradiasikan lebih banyak energi dalam beberapa hari daripada yang dilakukan matahari dalam 100 juta tahun, dan energi yang dikeluarkan dalam material yang berhamburan bahkan lebih besar daripada energi yang teradiasi. Dalam beberapa kasus, termasuk supernova nebula kepiting (Crab), sisa bintang yang tertinggal setelah ledakan adalah bintang netron (neutron star) atau pilsar (pulsating neutron star).
Ahli kosmolog memperkirakan keberadaan jagat raya sekitar lima belas juta tahun lalu. Hal ini melibatkan pembentukan awal dari hydrogen dan helium. Kemudian reaksi inti bintang-bintang telah mengubah beberapa hydrogen dan helium semula menjadi unsur-unsur berat. Supernova telah memainkan peranan penting, baik dalam memproduksi unsur-unsur berat terebut maupun dalam pelepasan material kembali ke ruang angkasa, semua itu telah digunakan untuk membuat bintang baru dan mungkin saja planet-planet serta sistemnya. Adalah mungkin bahwa satu atau lebih supernova meledak segera sebelum pembentukan system tata surya kita. Unsur-unsur yang terlepas dari ledakan ini dapat tercampur dengan nebula matahari, yang akhirnya menjadi bagian dari struktur matahari, bumi, dan semua benda yang hidup.


read more......

Geen opmerkingen:

Een reactie posten

vian'sz town Headline Animator